Nyeri Sendi Karena Gemuk

nyeri sendi karena gemuk
Tanya: Setelah melahirkan anak pertama, berat bada saya (30) yang semula 65 kg meningkat jadi 95 kg. Belakangan ini saya sering mengalami nyeri pada sendi kaki, terutama bila berjalan kaki, meskipun sebenar (sekitar 10 menit). Apakah nyeri ini ada hubungannya dengan melonjaknya berat badan saya?

Jawab: Kelihatannya memang ada kaitan antara melonjaknya berat badan Anda yang menurut kami kegemukan, dengan nyeri pada sendi karena gemuk. Nyeri tersebut muncul sebagai reaksi sendi, yang tidak kuat menopang berat badan Anda yang sudah termasuk obesitas. Untuk mengatasinya, tak ada cara lain, Anda harus segera menurunkan berat badan. Jika tidak, sendi kaki Anda bisa aus, bahkan cacat.



Cara untuk mengatasi sendi tersebut adalah:

  1. Olah raga untuk melatih otot-otot kaki agar lebih kuat menahan berat badan. Sehingga saat berjalah, berat badan Anda tidak langsung ditimpalkan pada sendi kaki, seperti yang sekarang terjadi.
  2. Olah raga berenang. Badan Anda yang terlatih mengambang di air juga bisa membiasakan tubuh agar tidak membebani sendi kaki.
  3. Kurangi konsumsi karbohidratdan lemak. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika Anda sulit mengatur diet sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli gizi.

Semoga dapat menjadi solusi bagi anda yang merasa nyeri sendi karena gemuk.

Advertisement