Cara Mengobati Mimisan

Cara Mengobati Mimisan
Cara Mengobati Mimisan akan sedikit kami jelaskan pada kesempatan kali ini. Tentang penyebab dari mimisan serta cara mengobatinya, berhubung saya pun juga pernah mengalami hal ini, maka saya berpikir harus menulisnya di blog ini serta memberikan beberapa tips mengenai bagaimana mengobati mimisan.

Apakah Mimisan Itu?

Mimisan adalah keluarnya darah dari rongga hidung dan ini dikarenakan oleh banyak faktor, bisa karena pecahnya pembuluh darah di hidung. Mimisan ini biasanya dapat membuat orang panik, sebab darah yang keluar biasanya dalam jumlah yang cukup banyak, jadi pada orang yang belum pernah mengalami mimisan ini pasti akan panik.

Penyebab Mimisan

  • Penyebabnya bisa karena hidung mengalami benturan yang cukup keras, hingga hal ini menyebabkan pecahnya sel pembuluh darah yang ada di hidung.
  • Mengorek atau mencongkel (atau biasa disebut mengupil) hidung terlalu berlebih dan kasar, biasanya anak-anak melakukan saat hidung terasa gatal oleh kotoran debu yang menumpuk di rongga hidung.
  • Hemophilia yaitu penyakit yang bisa mengakibatkan darah tidak dapat membeku. Selalu menjadi teramat cair sehingga mudah untuk keluar melalui rongga hidung.


Cara Mengobati Mimisan

  • Karena mimisan ini disebabkan oleh karena pecahnya pembuluh darah, untuk itu cara dalam mengatasi mimisan serta menghetikan pendarahan itu adalah seperti diuraikan di bawah ini:
  • Duduk dengan posisi kepala agak sedikit merunduk, hal ini dimaksudkan supaya darah tak masuk ke dalam rongga hidung.
  • Pegang dengan hidung denga kedua jari tangan dalam waktu kurang lebih 5 menit serta bernafaslah lewat rongga mulut, ini supaya darah bisa dengan segera membeku serta pendarahan dapat dihentikan.
  • Kalau kedua cara seperti diatas telah dilakukan anda dapat segera mengompres hidung dengan batu es.

Dan untuk tahap penyembuhan berikutnya yaitu: janganlah melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, yang bisa memicu trauma pada hidung, sebab hal itu akan menimbulkan pendarahan lagi. Yang harus dilakukan saat dalam tahap penyembuhan mimisan supaya darah tidak lagi keluar antara lain adalah:

  • Jangan mengeluarkan angin terlalu keras dari rongga hidung, atau meniup angin dari hidung serta memasukkan benda apapun termasuk jari ke dalam rongga hidung.
  • Janganlah memaksakan diri untuk mengangkat benda yang berat, sebab ini juga merupakah hal yang dapat memicu pendarahan pada rongga hidung saat masa penyembuhan.
  • Janganlah meminum air panas.

Cara mengobati mimisan ini memang cukup sederhana dan amat mudah dilakukan oleh semua orang di rumah. tapi bagi mereka yang belum pernah mengalami ini dapat menjadi panik berlebihan. Kalau tindakan seperti di atas tadi sudah dilakukan namun darah masih saja mengalir, segeralah bawa ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan khusus. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda ingin mengetahui cara mengobati mimisan.

Advertisement