Berapa Biaya Membangun Rumah Per-meter ?

Berapa Biaya Membangun Rumah Per-meter
Berapa Biaya Membangun Rumah Per-meter ? Pertanyaan itulah yang sering dilontarkan oleh orang yang hendak membangun sebuah rumah. Memang ini pertanyaan yang sangat umum, tapi tidak ada jawaban pasti mengenai itu. Menanyakan ini sama saja Anda menanyakan berapa biaya untuk berjalan-jalan ke luar negeri atau, berapa harga untuk membeli mobil?

Harga membangun rumah per-meter sangatlah bervariasi, karena variabelnya amat banyak. Tidak mungkin jika dijawab secara akurat tanpa lebih dahulu memiliki sejumlah data serta informasi tambahan yg diperlukan.

Biaya untuk membangun sebuah rumah baru kategori menengah-atas (tidak mewah) kisaran harganya adalah antara Rp4 juta – Rp5 juta per meter persegi. Biaya tersebut adalah rata-rata kasar dgn membagi nilai pekerjaan proyek keseluruhan dengan luasan lantai bangunan. Jadi, bila rumah seluas 400 meter persegi dengan biaya pembangunan total sebesar Rp1,6 miliar akan memakan biaya Rp 4 juta per meter perseginya. Jika Anda menambahkan anggaran Rp 400 juta untuk dapur/kitchen set, satu kamar mandi utama yang sedikit mewah, elegan, ubin marmer di ruangan depan, dengan sebuah tangga yang melengkung mewah atau kusen dari kayu jati di jendela dan pintu utama, biaya akan mencapai Rp5 juta per meter perseginya.

Salah satu dari penentu besar atau kecilnya biaya ialah struktur rumah. Penggunaan besi berstandar SNI, atau standar non-SNI serta besi “banci” akan sangat memengaruhi dalam pembiayaan struktur. Pilihan kerangka baja untuk struktur atap, insulator, serta genteng juga turut mempengaruhi. Ini belum lagi pilihan untuk penutup lantai, dari yang berbahan keramik biasa, lantai berbahan kayu sampai bahan marmer atau batu pualam, sangatlah bervariasi harganya. Biaya dalam membangun rumah dengan berukuran samapun juga dapat bervariasi karena dilihat dari bentuk bangunan, jumlah sudut bangunan, jenis serta kedalaman struktur pondasi dan desain yang tidak secara langsung akan berkaitan dengan ukuran rumah. (baca juga: Biaya Desain Rumah)

Satu-satunya cara dalam memastikan angka biaya yang perlu Anda anggarkan dalam membangun rumah ialah dengan meminta jasa arsitek Anda untuk membuatkan perhitungan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB). Ini tentu saja, sebelumnya Anda perlu menuangkan usulan serta spesifikasi yang Anda inginkan pada arsitek tersebut.

Masalahnya, tidaklah semua pemilik rumah mempunyai dana berlebih untuk membangun rumah yang sesuai keinginannya serta sesuai standar kelayakan. Kebanyakan orang, lebih realistis adalah menentukan berapa jumlah biaya yang mungkin disanggupi untuk dikeluarkan dan menyesuaikan item spesifikasi dengan nilai angka tersebut. Untuk itulah, Anda harus lebih realistis mengenai ukuran bangunan yang Anda butuhkan serta aksesoris apa yang inginkan. Jadi menanyakan pada diri sendiri berapa biaya yang dimiliki lebih baik daripada menanyakan Berapa Harga membangun rumah per-meter

Advertisement