Beternak Lele

Beternak-Lele
Banyak orang tergiur untuk beternak lele, pemberitaan mengenai tokoh yang sukses dibalik usaha budidaya dan ternak lele sangkuriang (misalnya) semakin menginspirasi orang untuk menerjuni serta berharap dapat meraih kesuksesan di usaha ini. Ditambah lagi dgn makin banyaknya informasi di berbagai media mengenai peluang usaha budidaya ikan lele yang makin menjanjikan, sebab pangsa pasarnya yang cukup luas serta permintaan pasa akan ikan lele yang meningkat terus.

Bahkan belakangan sudah ramai dibicarakan ikan lele yang ikut andil di dalam komoditi ekspor negara ini, sebab ada beberapa negara yg memang membutuhkan pasokan dari ikan lele terutama ikan lele sangkuriang, bagi pelaku bisnis, hal ini pastinya lebih menambah motivasi mereka untuk secepatnya memulai usaha beternak ikan lele.
Semangat serta keyakinan memang dibutuhkan dalam merintis sebuah usaha, tetapi kesuksesan juga memerlukan lebih dari Cuma sekedar keyakinan dan semangat. Sudah banyak orang merasa bersemangat dan yakin untuk menerjuni usaha budidaya ternak ikan lele, tapi harus berakhir dgn kegagalan. Usaha dan bisnis peternakan memang memiliki tantangan sendiri, sebagai orang yg baru memulai atau mungkin pernah gagal tak ada salahnya beberapa langkah dibawah ini perlu dipertimbangkan :

  1. Kenali Terlebih Dahulu Ikan Lele, Jangan Anda menganggap remeh hal ini, dan jika memulai usaha beternak ikan lele tanpa mengenali lele tersebut adalah merupakan kesalahan fatal, kenali juga jenis-jenisnya, makanan, habitatnya dan cara perawatannya.
  2. Perisapan Kolam Lele, Persiapan untuk kolam adalah kewajiban yang amat penting serta harus diperhatikan dgn baik untuk para peternak lele. Banyak kesalahan yang berawal dari sini, kolam lele yang tak memenuhi syarat akan beresiko bagi kelanjutan usaha tersebut. Kolam iklan lele haruslah sesuai kebutuhan, apakah nantinya untuk keperluan pembenihan atau pembesaran, demikian pula dengan jenis kolam, kolam semen, kolam tanah atau kolam terpal. Besaran dan ukuran kolam pun harus diperhatikan supaya bisa disesuaikan berdasarkan kisaran ideal yang biasanya berkisar angara 100 s/d 120 ekor/meter persegi.
  3. Persiapan Untuk Air Kolam Iklan Lele, Langkah berikutnya adalah persiapan untuk air kolam, persiapan tersebut juga wajib serta berperan penting, sebab banyak penyakit serta tingginya angka kematian dari ikan lele yang menjadi faktor penyebabnya ialah kondisi air yang tak memenuhi persyaratan, misalnya masalah kadar keasaman dan ph air, banyak peternak lele cuma sebatas mengetahui bahwa ph yang baik bagi ikan lele adalah 7 s/d 8, tapi jika tak menerapkannya itu sama saja dengan nol. Terlebih dalam usaha beternak ikan lele, jangan sesekali Anda berani menebar benih dalam kondisi ph yang tidak memenuhi syarat, maka dari itu sebaiknya pakailah alat gukur ph yang saat ini banyak beredar di pasaran. Dan sekali lagi yang perlu Anda ingat adalah, bahwa ikan lele adalah mahluk air, maka usahakan ikan lele itu merasa nyaman dengan kondisi air yang memehuni syarat.
  4. Cara Memberi Makan Ikan Lele, Ini kedengarannya mudah, tetapi janganlah pernah Anda menganggap remeh pemberian pakan untuk ikan lele tersebut, terlebih bagi para peternak baru. Boleh jadi ikan lele ini adalah jenis ikan yang amat rakus serta tergolong omnivora, tapi jika salah dalam aturan pemberian pakannya, itu beresiko kerugian. Karena banyak sekali jenis penyakit yang akan timbul dan mengakibatkan ikan lele mati karena disebabkan kesalahan dalam cara memberi makan serta waktu pemberian pakan, jika sudah begitu dua hal yang nantinya akan terjadi, ialah akan kehilangan banyak bibit ikan lele, serta biaya pembelian pakan yang sia-sia.
  5. Penebaran Bibit Ikan Lele, Proses dalam penebaran bibit ikan lele haruslah dilakukan dengan cara yang benar, contohnya proses pembelian induk segmen pembenihan, ini selain mengharuskan dari kualitas indukan lele yang benar-benar baik, tempat pembeliannya juga haruslah terjamin serta dapat dipercaya, sesudah itu proses pengiriman indukannyapun haruslah dengan cara-cara yang tepat, ini agar bibit ikan lele tersebut tidak stres dan tetap selamat sampai ke tujuan pembesaran. Pada waktu indukan ikan lele dapat dilepaskan dikolam juga harus melalui cara yang benar dalam beternak lele.

Advertisement