Cara Belanja Baju Anak Online


Dalam artikel Cara Belanja Baju Anak Online ini, Mengubah kebiasaan bukan hal yang mudah. Terlebih jika melibatkan teknologi dan uang. Waktu pertama kali kartu kredit diperkenalkan, banyak orang menyambutnya dengan skeptis — karena menyangkut keamanan. Tapi seiring berjalannya waktu, orang-orang kini sudah terbiasa untuk menggunakan kartu kredit tersebut untuk bertransaksi, dimulai dari hal yang kecil seperti belanja sayur, membeli baju anak sampai dengan membeli barang-barang bernilai puluhan juta.

Hal yang sama akan terulang dengan cara belanja baju anak online. Walau sebenarnya cara berbelanja lewat Internet sudah lama dilakukan di luar negeri sana sejak 1990-an, tapi di Indonesia relatif baru serta belum dikenal. Ini wajar, apalagi jika melihat penetrasi koneksi Internet pada 10 tahun lalu yang masihl sedikit sekali.

Tapi di tahun 2012 sekarang ini, koneksi Internet telah merupakan salah satu kebutuhan serta layanan yang amat mudah untuk didapatkan (paling tidak di kota-kota besar Indonesia). Sebagian masyarakat juga telah memulai untuk mencoba-coba membeli bermacam barang dengan online semisal baju anak terbaru. Salah satu dari kelebihan yang ditawarkan ialah penghematan dan kenyamanan.

Nyaman disini maksudnya Anda dapat melakukan berbagai transaksi langsung dari rumah tanpa harus bepergian, bisa dari tempat tidur atau sofa. Penghematan, artinya Anda tidak perlu membuang waktu dan energi untuk pergi ke toko, grosis baju anak atau mall membeli barang yang dibutuhkan.

Di sini, saya akan memberikan 7 hal dasar yang perlu diperhatikan waktu berbelanja baju anak online.

  1. Cari tahu siapa penjualnya baju anak, Anda haruslah tahu siapa orang yang sedang Anda ajak bertransaksi. Hal ini sangat penting mengingat tak ada proses pertemua seperti ketika Anda berbelanja di mall atau toko tradisional. Cari tahu alamatnya karena situs belanja online yang benar adalah yang mencantumkan alamat dengan jelas.
  2. Apakah Produk Tersebut Ada Garansinya, Perlu diketahui bahwa tidak semua produk yang dijual secara online dilengkapi dengan garansi. Produk semisal produk kecantikan atau makanan kecil sepertinya tidak ada garansi. Tapi jika Anda untuk produk elektronik seperti laptop, ponsel, kamera dan lain-lain biasanya ada. Dan pastikan garansi tersebut jelas dan tidak berbelit-belit. Yang dimaksudkan jelas di sini ialah apabila Anda tahu ke mana akan meng-komplain jika ada kerusakan misalnya. Direkomendasikan untuk memilih toko online yang memberi garansi dari distributor resmi untuk kenyamanan penggunaan barang tersebut dalam jangka waktu lama.
  3. Perhatikan Harga Serta System Pembayaran, Anda jangan salah satu beranggapan bahwa belanja online bisa murah karena biaya operasional yang relative lebih kecil jika dibanding dengan toko konvensional. Pada kenyataannya adalah bahwa harga barang yang ditawarkan secara di online tidaklah selalu lebih murah jika dibandingkan harga produk yang dijual toko biasa atau di mall. Tapi sayangnya pemikiran ini selalu dimanfaatkan oleh orang yang ingin menipu dalam mempromosikan berbagai produknya. Anda jangan tergiur kalau melihat ada penjual yang menjual sebuah baju bermerk dengan harga yang sangat miring. Perbedaannya harga yang jelas-jelas jauh sekali jika dibandingkan dengan harga toko, dan bisa mencapai 75 persen lebih murah. Jika memang ada penjual yang menjual barang tersebut dengan harga miring sampai 75 persen lebih murah dan mengaku bahwa barang tersebut asli, mengapa sipenjual tidak menjualnya saja secara konvensional di toko atau di mall? Hati-hati karena barang tersebut bukanlah dari produk merk ternaman tertentu. Pastinya palsu dan jika Anda membelinya, maka Anda akan kecewa karena produk tersebut sangat jauh dengan kondisi jika barang tersebut benar-benar asli dari merk ternama tertentu.
  4. Satu hal lagi, perhatikan cara pembayaran. Kalau Anda belanja pada situs online, metode pembayaran umumnya cukup aman dan jelas. Kita ambil contoh di tokolina.com. Situs belanja grosir baju anak ini memberikan pilihan membayar dengan tranfer antar bank, atau Anda dapat langsung mendatangi tokonya di PGC (Pusat Grosir Cililitan) 2, Lt.1 No.800 Zona Orange, Cililitan Jakarta Timur . Mengingat identitas dari penjualnya yang bisa jelas karena memang memiliki toko, maka proses dalam transaksi akan lebih aman, jika terjadi apa-apa, Anda dapat mendatanginya secara langsung. Hindari penjual yang memaksa Anda untuk langsung metransfer pembayaran, sementara identitas yang jelas dari sipenjual belum Anda dapatkan.
  5. Bacalah dengan seksama ketentuan serta aturan yang ada, Tiap situs belanja online mempunyai aturan serta ketentuannya yang berbeda. Maka pastikan Anda dapat membaca dengan seksama segala aturan tersebut untuk menghindari hal tidak menyenangkan. Maka keraguan dan pertanyaan Anda akan terjawab di sini.
  6. Mencoba terlebih dahulu untuk belanja barang murah, Jika Anda masih ragu serta ingin mencoba terlebih dulu, maka cobalah membeli barang yang harganya termurah. Barang yang dijual di website belanja online di Indonesia ini cukup beragam. Contohnya di tokolina.com, Anda dapat membeli baju kaos anak yang harganya berkisar hanya puluhan ribu rupiah saja. Dengan pengalaman berbelanja produk yang murah tersebut, Anda akan lebih mengerti dan paham mengenai proses pembayaran serta itikad baik dari sipenjual.
  7. Jangan Malu Bertanya, Jika ada hal yang tidak dipahami, janganlah malu dan ragu untuk bertanya. Biasanya situs belanja online ini akan menyediakan berbagai cara berkomunikasi dengan penjual , mulai dari chating, bbm, sms, telpon langsung atau email untuk membeli baju anak.

Advertisement