Cara Mudah Membersihkan Keramik

Bahan untuk membersihkan lantai ataupun dinding keramik di kamar mandi Anda cukup beragam, semisal yang terbuat dari bahan kimiawi, ataupun yang terbuat dari bahan alami. Pada artikel kali ini kami membahas beberapa tips cara mudah membersihkan keramik dengan cara menggunakan bahan alami.

Membersihkan dinding ataupun lantai keramik kamar mandi yang berkerak ataupun bernoda bisa dilakukan dengan cara yang alami dan mudah. Memang ada cara yang mudah dan cepat membersihkan keramik mengunakan produk pembersih berbahan kimia, namun pembersih keramik yang terbuat dari bahan kimia ini biasanya berdampak negatif baik pada keramik itu sendiri maupun pada tangan Anda. Pada keramik dapat menyebabkan pengeroposan lapisan keramik tersebut, dan pada tubuh kita dapat melukai kulit, iritasi kulit bahkan gangguan pada pernafasan Anda karena baunya yang menyengat.

Oleh sebab itu, dengan pertimbangan dari kesehatan, tak ada salahnya kalau Anda beralih untuk menggunakan pembersih bahan yang alami supaya keramik lantai ataupun dinding tetap terlihat bersih dan cantik. Di bawah ini kami uraikan beberapa tips bersihkan keramik di rumah dengah cara alami:

  • Membersihkan Keramik Dengan Cuka
  • Sifat asam yang terdapat pada cuka bisa merontokkan kotoran membandel ataupun noda pada lapisan keramik, dan biasanya ini cukup efektif.  
    1. Membersihkan Lantai Keramik - Tuangkanlah cairan cuka tersebut secukupnya di bagian keramik yang terkena noda, lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit, dan kemudian gosoklah dengan lap pel hingga bersih. Kalau perlu disikat agar lebih optimal.
    2. Membersihkan Kloset Dan Bathtub -Masukkanlah cairan cuka ke botol spray (sebelumnya cuka tersebut bisa dicampur dengan air dengan perbandingan 60% cuka dan 40% air), lalu Anda semprot secara merata ke seluruh bagian permukaan kloset tersebut. Diamkan sekitar 5 menit, lalu usaplah dengan kain lembut atau spon juga bisa,
    3. Shower - Sama seperti langkah membersihkan kloset, yaitu cairan campuran cuka tersebut dimasukkan ke dalam botol spay terlebih dahuu. Dan ikuti langkah seperti membersihkan kloset.
     
  • Membersihkan Keramik Dengan Belimbing Wuluh
  • Buah belimbing wuluh juga mempunyai zat asam yang efektif dapat merontokkan noda ataupun kotoran membandel yang menempel pada keramik. Membersihkan dengan belimbing wuluh ini bisa dilakukan dengan menggosokkan belimbing wuluh tersebut pada keramik yang terkena kotoran. Lalu, didiamkan sekitar 10 menit dan gosoklah dengan kain lap atau sikatlah dengan sikat plastik hingga dirasa bersih.

Advertisement