Ciri-ciri Kanker Payudara

Bila ciri-ciri kanker payudara dapat dideteksi secepat mungkin, maka peluang untuk sembuh dari kanker tersebut akan semakin besar. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan pemeriksaan ini, pemeriksaannyapun juga sangat mudah. Oleh sebab karena itu, kenalilahtanda kanker payudara tersebut.


Kanker payudara sekarang ini ada di urutan kedua paling tinggi setelah kanker leher Rahim atau kanker serviks yang diderita oleh kaum perempuan. Bagi perempuan amat penting untuk bisa mengetahui secara cepat ciri-ciri kanker payudara, oleh karena jika kanker yang bisa ditemukan pada stadium awal maka mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk Kanker Payudara bisa disembuhkan.

Pendapat Dr dr Andhika Rachman, SpPD, yg berpraktek di RS Kramat dan RSCM, Jakarta “Kunci utama yg harus diwaspadai ialah jika seseorang merasakan benjolan permanen dan tidak terdapat rasa sakit (painless). Sebab biasanya tumor ganas tak menimbulkan rasa sakit.”

Dr Andhika juga menambahkan salah satu cara yg dapat dipakai untuk mendeteksi kanker payudara ini sejak dini adalah dengan segera Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Anda lakukanlah seminggu setelah mendapatkan menstruasi.

Setelah seminggu mendapatkan menstruasi merupakan waktu tepat karena saat itu hormone estrogen dan progesteron berada dalam kadar rendah. Kedua hormon itu mempunyai fungsi dalam mengontrol dan mempengaruhi ukuran si payudara.

Di bawah ini ada terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan dlm Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI):

  1. Perhatikan payudara Anda dengan posisi kedua belah tangan berada di atas kepala Anda, dan posisi kedua tangan berada pada pinggang.
  2. Anda Angkat tangan kiri sampai atas kepala.
  3. Raba dan tekan payudara menggunakan permukaan jari yang rata serta pastikan semua bagian payudara tersebut tersentuh. Andapun bisa menggunakan pola gerakan dengan arah memutar, dan gerakan naik turun serta gerakan arah luar masuk ke daerah puting. Pada setiap bulannya diusahakan untuk menggunakan gerakan yg sama.
  4. Perhatikan ketika Anda menekan tiap puting tersebut dengan lembut apakah terdapat cairan yang keluar di situ.
  5. Dengan posisi berbaring untuk melakukan pemeriksaan daerah antara payudara dan ketiak serta daerah antara payudara dan tulang dada.
Dengan tindakan yang bisa dilakukan sendiri di rumah ini, semoga Anda dapat dengan segera mengetahui apakah Anda mengidap penyakit kanker payudara. Dan bisa mengetahui setelah mengetahui ciri-ciri kanker payudara pada artikel ini.

Advertisement