10 Cara Untuk Mengatasi Susah Tidur


Seseorang yang susah tidur pastinya akan menyebabkan gangguan kekebalan dan daya tahan tubuh baik pada orang usia lanjut maupun anak-anak bahkan balita. Berbagai riset ilmiah membuktikan bahwa seseorang yang mengalami susah tidur bisa menyebabkan dia mudah diserang oleh penyakit.

Bekerjanya tubuh manusia itu juga memerlukan istirahat, oleh karena itu bila kita butuh tidur setidaknya 8 jam sehari. Tapi ternyata saat ini semakin banyak orang yang mengalami gangguan susah tidur. Jika hal tersebut terjadi hanya sehari atau dua hari tentunya tidak menjadi masalah bagi tubuh kita, tetapi jika penyakit susah tidur atau yang disebut juga dengan sindrom insomnia ini berlarut-larut hingga berhari-hari, berminggu-minggu bahkan dari bulan-kebulan pastinya ini akan menjadi masalah besar pada kesehatan Anda. Nah oleh karena itu kami berikan tips atau 10 cara untuk mengatasi susah tidur.

10 Tips Susah Tidur atau Insomnia
Gangguan susah tidur ini disebabkan oleh beberapa faktor umum seperti depresi, stres, bagi perokok, sering mengkonsumsi alkohol, habis mengkonsumsi obat tertentu dan mungkin juga disebabkan oleh gangguan pada fungsi otak Berikut ini tips dari kami untuk Anda yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi susah tidur terutama pada malam hari :

  1. Mengkonsumsi air secukupnya, lagipula ini positif agar ginjal dapat berfungsi dengan baik,
  2. Konsumsilah buah-buahan dan makanan yang berserat tinggi dan makanan bernutrisi,
  3. Hindari mengkonsumsi minuman yang ber-caffein seperti kopi, capucino dll, ini dapat menyebabkan gejala susah tidur pada malam hari.
  4. Hindari pada saat sebelum tidur untuk mengkonsumsi makanan pemicu naiknya kadar gula darah seperti es krim, daging, terlebih jika anda mempunyai gejala diabetes atau stroke,
  5. Sebelum tidur agar menghindari konsumsi vitamin E ber-dosis tinggi,
  6. Biasakan untuk tidur dibawah jam 10 malam serta hindari tidur siang dalam waktu yang terlalu lama. Jika ini sudah menjadi kebiasaan anda lakukan, maka untuk selanjutnya akan mudah dan menjadi kebiasaan baru yang menyehatkan.
  7. Kamar sebaiknya dalam keadaan gelap atau setidaknya remang-remang. Nah, matikanlah lampu kamar sebelum tidur. Hal ini biasanya efektif untuk menunda kenaikan level melatonin dan tentunya tidak lama kemudian rasa kantuk akan datang,
  8. Bisa dengan mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur. Sebagian orang yang menyukai musik biasanya sangat membantu,
  9. Berolah raga-lah secara teratur. Tidak perlu setiap hari, seminggu sekalipun cukup,
  10. Jika Anda berniat untuk mengkomsumsi obat tidur, maka harus sesuai petunjuk dokter.

Nah demikianlah artikel yang berjudul “10 Cara Untuk Mengatasi Susah Tidur” ini, semoga dapat bermamfaat bagi Anda atau kerabat yang mengalami ini. Dan semoga dapat mengobati gangguan susah tidur atau insomnia. Jangan lupa juga berkonsultasi ke dokter ahli jika dirasa penyakit belum kunjung bisa disembuhkan karena mungkin saja ada hal lain yang menjadi faktor penyebab susah tidur Anda.

Advertisement