Tips Memilih Durian

Kebanyakan orang di negara ini menyukai buah durian. Tapi untuk memastikan atau memilih durian yang matang atau masak, serta manis tidak semua orang mengetahui tips memilih durian.
Kalau Anda ingin tahu cara memilih durian yang matang-masak, bagus dan manis, perhatikanlah tips-tips di bawah ini:

  1. Pilihlah buah durian berbentuk simetris dan utuh. Sebisa mungkin hindari buah durian yang berbentuk tidka atau kurang simetris karena ini umumnya pertanda buah yang ada di dalamnya ada yg tak utuh pula.
  2. Pilihlah yang bagian tangkainya yang terkelupas atau pecah, ini pertanda bahwa buah durian tersebut matang di pohon. Tidak dengan sengaja dipotong, alias jatuh dengan sendirinya dari pohonnya.
  3. Ciumlah aroma durian tersebut karena durian yang sudah matang sempurna tentunya akan mengeluarkan aroma tajam dan harum. Tentunya harum bagi mereka yang suka, bagi mereka yang tidak suka, bau durian ini amat menusuk hidung mereka.
  4. Kalau ingin durian dengan daging kering serta padat, maka pilihlah yang durinya besar serta jarang-jarang. Kalau ingin durian dengan dagin basah, maka pilih yang durinya rapat.
  5. Terakhir, coba tepuk-tepuk bagian kulit/duri dengan gagang pisau. Jika suaranya bergema, maka berarti durian sudah matang dengan sempurna.

Advertisement