Memilih Karpet

Karpet yang merupakah salah satu elemen penutup lantai, dapat memberikan sentuhan kehangatan pada sebuah ruangan. Rasa hangat dan nyaman dengan hadirnya karpet ini dapat diperoleh jika Anda kita tepat memilih karpet. Guna mendapatkan sensasi itu, maka kenalilah mulai dari tipe karpet, bahan karpet, warna karpet, ukuran serat ketebalan karpet.









Tipe Karpet

Perhatikan tipe karpet, terdapat serat halus atakupun kasar. Ukurannya pendek atau panjang serta bertekstur yang nantinya bisa menyamarkan bekas dari sepatu atau kaki yang kebetulan kotor. Beberapa dari tipe karpet di pasaran ini antara lain adalah, tipe halus yang permukaan dari tipe karpet tersebut bertkstur lembut, seratnya padat serta terlihat cukup formal. Tipe saxony, yaitu tipe karpet ber-tekstur beragam, serat terpilin dengan rapi serta berkesan tidak formal. Lalu, tipe karpet frieze, ialah yang paling bisa tahan lama, kuat serta tidak formal.

Bahan Karpet

Ada dua jenis bahan dalam pembuatan karpet, yaitu alami dan sintetis. Bahan sintetis antara lain nilon, poliester dan olefin. Nilon paling banyak dijual di pasaran. Sifatnya sangat kuat, tahan noda, seratnya halus, tak mudah untuk tercerai berai serta warnanya sangat variatif. Karpet dari bahan karpet nilon ini paling cocok untuk ruang keluarga, anak tangga ataupun lorong.
Karpet poliester bersifat lembut, umumnya lebih murah harganya, lebih tahan terhadap noda, dan banyak warna pilihan, sayangnya bahan karpet ini tak sekuat nilon. Dan olefin adalah kasar serta biasa digunakan dalam kepentingan industri.

Karpet dengan bahan alami seperti serat kelapa, wol, dan serat sisal, rumput laut dapat juga Anda pilih. Wol merupakan bahan "kelas tinggi", harganyapun relatif lebih mahal serta perawatannya tidak mudah dan tidak murah. Tapi bahan ini paling tahan lama dan paling halus. memiih bahan karpet dari serat sisal dan serat kelapa cukup kuat, serta mudah dalam hal perawatannya. Terakhir yaitu karpet dari bahan rumput laut. Serat dari rumput laut juga kuat dan tahan lama akan tetapi dalam jangka waktu tertentu dapat berubah warna menjadi kecoklatan.

Warna Karpet
Untuk mendapatkan warna karpet yang terbaik bagi ruangan Anda, maka bandingkanlah contoh warna karpet dengan nuansa yg sama, tapi dengan bahan yang berbeda. Jika ragu, maka pilihlah karpet dengan warna netral, sebab warna ini umumnya bisa cocok digunakan untuk berbagai jenis ruangan.

Ukuran Serat Karpet

Ukuran serat karpet ditentukan dari seberapa tinggi serabut karpet tersebut dari permukaan dasar karpet. Semakin panjang atau tinggi serabut tersebut, maka umumnya semakin mahal pula harga karpet tersebut. Penggunaan karpet sebaiknya hindari pada bagian tangga, karena dapat mengganggu sirkulasi orang yang lewat. Umumnya karpet ini hanya digunakan misalnya pada bagian bawah meja tamu, bawah tempat tidur.

Ketebalan Karpet
Yang terakhir, Anda perlu teliti memperhatikan tingkat kepadatan dari serat karpet. Karpet tebal akan lebih memiliki serat padat serta tentunya berumur lebih panjang. Tapi, tentunya memilih ketebalan karpet yang tinggi akan cukup mahal.

Advertisement