Perhatikan Gizi Yang Baik Bagi Ibu Hamil


Disaat mengandung, apakah Anda sudah betul-betul merencanakan kehamilan itu atau tidak merencanakan sebelumnya sama sekali? Merencanakan sebuah kehamilan bukan Cuma berarti berusaha untuk berhubungan intim lebih sering bersama sang pasangan, tapi juga kita harus berkomitmen mempersiapkan sel telur serta sperma berkualitas, dan juga rahim sang calon ibu disaat mengandung nanti, perhatikan gizi yang baik bagi ibu hamil.

Banyak orang yang tak merencanakan sebuah kehamilan dengan baik, hingga mereka tak cukup kuat secara gizi serta nutrisi. Kualitas sperma, sel telur, dan rahim ini amat dipengaruhi oleh pasokan gizi yang dimiliki oleh sang pasangan. Oleh sebabt itu sebelum Anda hamil seharusnya sipasangan telah memikirkan status gizi mereka masing-masing. Jika tidak, ini dapat berakibat kepada perkembangan si janin, terutama pada otak anak, yang tidak dapat optimal nantinya. Persiapan gizi bagi ibu hamil tersebut bahkan sudah pelru dilakukan sebelum terjadi proses ovulasi atau pembuahan. Dengan begitu ketika terjadi pembuahan, si rahim sudah siap untuk berbagai cadangan makanan yg maksimal guna memenuhi kebutuhan perkembangan si anak.

Sampai saat sekarang ini banyak sekali pasangan yang baru mengetahui kehamilan mereka setelah janin berkembang di rahim dua minggu. Jika kondisi gizi ibu hamil tak baik, maka perkembangan untuk saraf anak akan bisa terganggu. Dan saat mereka baru tahu kalau mereka telah hamil dua bulan, bisa jadi semuanya ini sudah agak terlambat.

Semenjak terjadinya proses ovulasi, sebetulnya proses pembentukan saraf sang anak sudah dimulai. Disaat tak ada cadangan makanan serta nutrisi yang tepat di dalam rahim ibu, maka pembentukan saraf ini akan terganggu serta tidak sempurna.

Dalam waktu 0 bulan setelah ovulasi, maka pembentukan saraf serta perkembangan motorik sang anak sudah mulai terbentuk. Meskipun begitu tidak berarti anak akan dapat menjadi cacat ataupun mengalami kelainan fisik, tapi perkembangan otak serta saraf motorik anak nanti tetap tidak dapat sempurna. Tetapi, jika ini sudah terlanjur kehamilan, maka efek buruknya dapat dicegah dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan mengandung DHA. Hal tersebut disebabkan otak sang anak 40 persennya terbentuk oleh DHA. Salah satu dampak kekurangan DHA pd anak ialah anak dapat kurang konsentrasi, dan daya ingatnya lemah, serta kesulitan memecahkan sebuah permasalah, dan penglihatan berkurang.

Proses dari pembentukan saraf yg telah rusak ini tak bisa diperbaiki, tetapi dapat dicegah supaya tidak lebih parah. Maka dari itu sebaiknya sebelum Anda hamil perhatikan terlebih dahulu status gizi Anda, supaya perkembangan otak sang anak nantinya bisa optimal. DHA bisa didapat dari hewani seperti ikan tuna, salmon dan gindara, dgn tingkat omega-3 yang cukup tinggi.Nah maka dari itu perhatikan gizi yang baik bagi ibu hamil.

Advertisement